Fakta Tersembunyi Operasi Plastik Korea

Operasi plastik korea nampaknya memang menjadi sebuah fenomena tersendiri. Dimana dikabarkan banyaknya artis disana yang melakukan oplas untuk merubah bagian-bagian tertentu dari tubuhnya. Dan tentu saja, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan hal ini juga tidak sedikit.

Rasa kurang percaya diri dan ketidaksempurnaan fisik membuat banyak orang lari pada cara instan untuk mengubah penampilan agar tampak lebih sempurna, yaitu melalui operasi plastik atau pun suntikan. Bahkan di 2011, tercatat 15 juta  orang di seluruh dunia telah melakukan operasi plastik. Studi yang melibatkan 20 ribu dokter bedah plastik berlisensi dunia ini mencatat dari jumlah tersebut, negeri Ginseng Korea memiliki proporsi tertinggi yang paling banyak melakukan usaha mempercantik diri melalui operasi plastik.

Namun setiap negara memiliki kategori operasi plastik paling populer di negaranya masing – masing. Yang paling populer yaitu bedah operasi pembuangan lemak (lipoplasty). Menurut Businessinsider, Amerika dan Brazil menduduki peringkat nomor satu untuk operasi pembesaran payudara. Bahkan di Brazil, para wanitanya juga sangat banyak yang melakukan implan bokong dan peremajaan vagina.

Di Asia, banyak orang yang tertarik untuk merubah area wajah agar terlihat seperti orang Barat, terutama pada hidung. Cina, Jepang dan Korea menduduki peringkat lima teratas untuk Rhinoplasty.
Di Korea operasi plastik bukanlah hal baru. Para selebriti dan remaja di sana gemar mempercantik penampilan. Penampilan menjadi komoditi utama bagi orang Korea jika ingin menjadi sukses. Hal ini pun menyebabkan tak sedikit orang tua yang menjadikan operasi plastik sebagai hadiah ulang tahun bagi anak-anaknya.  Korea Selatan juga menjadi peringkat satu dalam operasi plastik kulit dan rambut.

Dari hasil survey, di 2011, satu dari 77 orang di Korea Selatan melakukan prosedur kecantikan (suntik / bedah plastik) untuk memperbaiki penampilan. Salah satu prosedur yang juga populer di Korea Selatan adalah operasi kelopak mata ganda, agar mata terlihat lebih besar dan membuat mereka terlihat lebih ‘Barat’.

Seiring dengan berkembangnya industri musik dan dunia hiburan di Korea, menjadikan keinginan untuk melakukan operasi plastik jadi meningkat pesat. Misalnya saja, Miss Korea Selatan 2012 bahkan mengaku menjalani operasi plastik untuk memenangkan ajang kontes kecantikan tersebut. Penyanyi PSY juga mengaku bahwa dia didesak oleh label rekamannya untuk melakukan operasi plastik.
Advertisement
advertisement
Fakta Tersembunyi Operasi Plastik Korea | Mawar Senja | 5